Login

Tentang BUCK03

Share

Halo! Jadi di saga ini, saya mau menceritakan terkait proses kreatif saya sebagai BUCK03. Sebelumnya saya pernah menangani beberapa komisi ilustrasi, bertahun-tahun dengan teknik manual dan baru memulai teknik digital di akhir 2019.

Saya tidak mendalami seni dalam lingkup pendidikan formal, sehingga masih awam dengan seluk-beluk pembuatan ilustrasi dan portofolio.

Sampai sekarang, saya masih menggunakan teknik manual dalam pembuatan konsep. Namun untuk tahap finishing, sudah menggunkan bantuan teknologi komputer. Alasannya sederhana : hemat biaya. Saya tak memiliki budget mumpuni untuk menggambar full manual kembali.

Sekarang, pekerjaan saya mayoritas dikerjakan secara digital. Saya mengerjakan banyak hal. Mulai dari ilustrasi sederhana sampai desain-desain yang lebih kompleks. Saya ingat pesan dari ayah saya yang sering mengajari saya dasar-dasar menggambar walaupun beda aliran (ayah saya pelukis aliran realisme-naturalisme). Beliau berkata, ‘jangan sampai peralatan menghambat proses kreatif seseorang’. Tak masalah memulai karir sebagai visual artist hanya bermodal pena dan kertas atau handphone. Tetap semangat berkarya dan temukan spesialisasimu!

Share

Leave a Comment